Nama : Eko Adi Prasetyanto
Kelas : 3ic09
Npm : 23414453
Metode Kualitatif Motor 2 Langkah dan 4 langkah
1.1 Latar Belakang dan Pembahasan
Dalam dunia otomotif tak lepas dari
motor 2 tak dan 4 tak, mungkin ada sebagian orang yang belum tahu apa
perbedaannya kelebihan dan kekurangan dari masing masing motor baik 2 ataupun 4
tak. maka dari itu pada pembahasan kali ini saya akan mengambil topik untuk
penelitian metode kualitatif yaitu tentang motor 2 tak dan 4 tak.
Yang pertama kita bahas dulu untuk motor 2 tak
selanjutnya kita bahas motor 4 tak , berikut ini di tinjau dari sudut cara
kerja mesin motor 2 tak ,yang bisa anda lihat dibawah ini :
Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran
gas, motor 2 tak ini memerlukan 2 kali gerakan piston naik dan turun, dengan
sekali putar poros engkol Dimana penjelasannya yaitu:
– TAK 1 : proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
– TAK 2 : proses kerja, kompresi karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB)
– TAK 1 : proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
– TAK 2 : proses kerja, kompresi karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB)
Selanjutnya jika kita lihat atau kita tinjau dari
jenis bahan bakar yang digunakan dan juga konstruksi silindernya ,
anda bisa lihat detailnya dibawah ini :
- Untuk penggunaan bahan
bakarnya biasanya selalu campuran maksudnya adalah bensin yang di campur
dengan oli, baik secara langsung (langsung di masukan ke dalam tangki
bensin atau pun yang cara terpisah (ada tempat oli samping)
- Motor 2 tak biasanya
tidak memiliki katup,nah sebagai penggantinya maka motor 2 tak ini
menggunakan red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan
cylinder.
- Pada bagian mesin
khususnya pada setiap piston hanya mempumyai 2 buah ring yaitu ring
compressi I dan ring compressi II.
- Lanjut , pada bagian
mesin juga pada setiap cylindernya memiliki 2 macam compressi yaitu
compressi cylinder (primer) dan carter(sekunder)
Kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada motor 2
tak
a. Keuntungan
- Untuk Proses
pembakarannya yaitu terjadi setiap putaran poros engkol, sehingga
putaran poros engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata.
- Motor 2 tak umumnya tidak
memerlukan/tidak memiliki katup selain itu komponen lebih sedikit,
perawatan lebih mudah dibandingkan dengan 4 tak , serta spartpart kalau
ada yang rusak biayanya lebih relatif murah
- Momen puntir untuk
putaran lanjutan poros lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang
halus
- Motor 2 tak jika
dibandingkan dengan motor 4 tak , biasanya untuk power atau tenaga yang
dihasillkan lebih besar di banding motor 4 tak walaupun dengan kapasitas
mesin motor yang sama.
b. Kerugian /Kekurangan
- Langkah masuk dan buang
lebih pendek maksudnya adalah saat kita mengoper gigi 1 ke gigi 2 biasanya
jarak napasnya lebih pendek dari pada motor 4 tak, sehingga terjadi
kerugian langkah tekanan kembali gas buang lebih tinggi
- Karena pada bagian
silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston dan
lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus.
- Karena lubang buang
terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas
- Putaran rendah sulit
diperoleh
Kemudian untuk perbedaan pada motor 4 tak di
lihat dari sudut cara kerja mesin diantaranya yaitu
- Untuk mendapatkan 1 kali
tenaga hasil dari pembakaran gas, diperlukan 4x gerakan piston naik dan
turun dengan 2 kali putaran poros engkol. Penjelasannya yaitu:
– TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
– TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
– TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
– TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran (piston bergerak dari TMB menuju TMA) Ditinjau dari jenis bahan bakar yang dipakai dan konstruksi silinder
Kemudian kalau dilihat dari bahan bakar yang digunakan
kemudia konstruksi silindernya bisa dilihat dibawah ini :
- Biasanya untuk motor yang
menggunakan mesin 4 tak , untukBahan bakarnya menggunakan bensin
murni/pertamax murni (tidak dicampur seperti motor 2 tak)
- Pada bagian setiap
cylindernya umumnya motor 4 tak ini memiliki 2 buah atau 4 buah katup
- lanjut pada bagian
Cylindernya ,umumnya motor 3 tak yaitu hanya memiliki 1 macam compressi
yaitu compressi cylinder
- terakhir pada bagian
setiap piston biasanya motor 4 tak memiliki 3 buah ring diantaranya yaitu
: ring compressi I, ring compressi II, rong oli. Ketiga ring tersebut
sangat berperang penting dalam membantu pelumasan pada piston
Kelebihan dan kekurangan Yang terdapat pada Motor 4
Tak
a. Keuntungan
Jika anda menggunakan motor 4 tak ada banyak sekali keuntungan
yang anda dapatkkan jika anda menggunakan motor 4 tak diantaranya bisa anda
simak dibawah ini :
- Pada Motor 4 tak
khususnya untuk proses pemasukan, kompresi, kerja, dan buang prosesnya
biasanya selalu berdiri sendiri-sendiri sehingga kinerja mesin motor akan
lebih lebih presisi, efisien dan stabil,baik itu untuk jarak putaran dari
rendah ke tinggi lebih lebar (500- 10000 rpm).
- Kerugian langkah karena
tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dua langkah sehingga pemakaian
bahan bakar lebih hemat.
- Putaran rendah lebih baik
dan panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi oli
- Langkah pemasukan dan
buang lebih panjang sehingga efisiensi pemasukan dan tekanan efektif
rata-rata lebih baik
- Untuk bagian mesin ,umumnya motor 5 tak ini memiliki suhu panas mesin lebih rendah jika di bandingkan dengan mesin yang terdapat pada mesin 2 tak
B. Kerugian
- Pada bagian konstruksinya
khususnya pada bagian komponen dan mekanisme gerak katup lebih
kompleks, yang mengakibatkan kesulitan dalam perawatanya.
- Suara mekanis lebih
gaduh/bising.
- Langkah kerja terjadi
dengan 2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan putar tidak stabil,
perlu jumlah silinder lebih dari satu dan sebagai peredam getaran.
Kesimpulan
Bahan bakar pada motor 4 tak lebih irit dibandingkan
motor 2 tak tetapi kalau soal perfomance 2 tak yang lebih unggul walaupun
dengan cc yang sama.
Daftar pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar