Selasa, 17 Januari 2017

Makalah

BAB III
Kesimpulan
a. eSP (Enhanced Smart Power)
Teknologi eSP merupakan teknolgi eSP adalah kepanjangan dari “Enhanced Smart Power”. Teknologi ini adalah rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda. Teknologi eSP ini akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara.
Berikut adalah Komponen-komponen yang terdapat pada teknologi eSP:
  1. ACG Starter
    Teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System).
2.      Offset Cylinder
Berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.
3.      Roller Type Rocker Arm
Menggunakan Shell type Needle Bearing sebagai sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup.
4.      Spinny Sleeve
Tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.
5.      Squish
Berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat.
6.      Tumble
Berfungsi agar penyebaran bahan bakar yang merata dan menjadikan pembakaran lebih baik.
c. Kelebihan dan Kekurangan Beat Esp
        Kelebihan Honda Beat Esp
·         Perfoma
            Dari segi performa, motor Honda Beat memang sangat responsif pada tarikan awal,
·         Keamanan
Untuk keamanan dari Honda BeAT Series meskipun memiliki secure key shutter, namun juga dilengkapi side stand switch dan parking break kock yang tidak dimiliki oleh motor lain.
·         Motor irit dan tangguh
Sudah bukan rahasia lagi kalau produk motor yang di hasilkan pabrikan Honda terkenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit.
·         Suspensi empuk
Kenyamanan berkendara akan lebihn terasa karena suspensi baik depan maupun belakang pada Honda Beat ini terasa empuk.

Kekurangan Honda Beat
·         Jok sempit
Dengan bodynya yang ramping memang ukuran jok ini sudah pas, namun saat di gunakan berkendara jarak jauh, dengan jok yang sempit akan cepat sekali terasa capek lebih-lebih area pinggul.
·         Karet Pelindung Mesin
Karet pelindung mesin yang berfungsi untuk melindungi mesin dari cipratan air di jalanan terlalu kecil,
d. Bluecore
Blue Core merupakan inovasi Yamaha yang memberikan sensasi menyenangkan saa dikendarai yang ramah lingkungan dengan bahan bakar EFISIEN, mesin BERTENAGA dan HANDAL. Efisien: Tingkat kehematan bahan bakarnya bahkan mencapai 50% lebih irit dibandingkan dengan motor dengan mesin karburator. Bertenaga: Meski irit bahan bakar, Blue Core tetap bagus performanya sebagai ciri khas DNA Yamaha yang bertenaga dan torsi lebih besar. Handal: mesin Yamaha terkenal dengan bandel dan tahan lama.
e. Kelebihan Yamaha Mio M3 125 Blue Core
·         Lebih responsif ketimbang versi sebelumnya.
·         Desain bodi mengesankan kecepatan dan racing look.
·         Rangka cukup stabil dan suspensi nyaman, membuat motor lincah menembus macet, meski dinaiki dua orang.
f. Kekurangan Yamaha Mio M3 125 Blue Core
·         Posisi berkendara kurang ideal untuk jarak jauh.
·         Saringan udara dipindah ke bagian depan fairing, rawan bila banjir.
·         Jok kurang nyaman untuk penumpang.
·         Tenaga mesin melemah saat beban berboncengan.

g. Harga
    Untuk harga mio dengan teknologi bluecore dengan beat dengan teknologi Esp tidak berbeda jauh, dan untuk keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan semua sekarang tergantung selera penikmat kendaraan matik.

Daftar Pustaka

Kesimpulan
a. eSP (Enhanced Smart Power)
Teknologi eSP merupakan teknolgi eSP adalah kepanjangan dari “Enhanced Smart Power”. Teknologi ini adalah rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda. Teknologi eSP ini akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara.
Berikut adalah Komponen-komponen yang terdapat pada teknologi eSP:
  1. ACG Starter
    Teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System).
2.      Offset Cylinder
Berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.
3.      Roller Type Rocker Arm
Menggunakan Shell type Needle Bearing sebagai sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup.
4.      Spinny Sleeve
Tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.
5.      Squish
Berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat.
6.      Tumble
Berfungsi agar penyebaran bahan bakar yang merata dan menjadikan pembakaran lebih baik.
c. Kelebihan dan Kekurangan Beat Esp
        Kelebihan Honda Beat Esp
·         Perfoma
            Dari segi performa, motor Honda Beat memang sangat responsif pada tarikan awal,
·         Keamanan
Untuk keamanan dari Honda BeAT Series meskipun memiliki secure key shutter, namun juga dilengkapi side stand switch dan parking break kock yang tidak dimiliki oleh motor lain.
·         Motor irit dan tangguh
Sudah bukan rahasia lagi kalau produk motor yang di hasilkan pabrikan Honda terkenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit.
·         Suspensi empuk
Kenyamanan berkendara akan lebihn terasa karena suspensi baik depan maupun belakang pada Honda Beat ini terasa empuk.

Kekurangan Honda Beat
·         Jok sempit
Dengan bodynya yang ramping memang ukuran jok ini sudah pas, namun saat di gunakan berkendara jarak jauh, dengan jok yang sempit akan cepat sekali terasa capek lebih-lebih area pinggul.
·         Karet Pelindung Mesin
Karet pelindung mesin yang berfungsi untuk melindungi mesin dari cipratan air di jalanan terlalu kecil,
d. Bluecore
Blue Core merupakan inovasi Yamaha yang memberikan sensasi menyenangkan saa dikendarai yang ramah lingkungan dengan bahan bakar EFISIEN, mesin BERTENAGA dan HANDAL. Efisien: Tingkat kehematan bahan bakarnya bahkan mencapai 50% lebih irit dibandingkan dengan motor dengan mesin karburator. Bertenaga: Meski irit bahan bakar, Blue Core tetap bagus performanya sebagai ciri khas DNA Yamaha yang bertenaga dan torsi lebih besar. Handal: mesin Yamaha terkenal dengan bandel dan tahan lama.
e. Kelebihan Yamaha Mio M3 125 Blue Core
·         Lebih responsif ketimbang versi sebelumnya.
·         Desain bodi mengesankan kecepatan dan racing look.
·         Rangka cukup stabil dan suspensi nyaman, membuat motor lincah menembus macet, meski dinaiki dua orang.
f. Kekurangan Yamaha Mio M3 125 Blue Core
·         Posisi berkendara kurang ideal untuk jarak jauh.
·         Saringan udara dipindah ke bagian depan fairing, rawan bila banjir.
·         Jok kurang nyaman untuk penumpang.
·         Tenaga mesin melemah saat beban berboncengan.

g. Harga
    Untuk harga mio dengan teknologi bluecore dengan beat dengan teknologi Esp tidak berbeda jauh, dan untuk keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan semua sekarang tergantung selera penikmat kendaraan matik.

Daftar Pustaka
Kesimpulan
a. eSP (Enhanced Smart Power)
Teknologi eSP merupakan teknolgi eSP adalah kepanjangan dari “Enhanced Smart Power”. Teknologi ini adalah rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda. Teknologi eSP ini akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara.
Berikut adalah Komponen-komponen yang terdapat pada teknologi eSP:
  1. ACG Starter
    Teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System).
2.      Offset Cylinder
Berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.
3.      Roller Type Rocker Arm
Menggunakan Shell type Needle Bearing sebagai sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup.
4.      Spinny Sleeve
Tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.
5.      Squish
Berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat.
6.      Tumble
Berfungsi agar penyebaran bahan bakar yang merata dan menjadikan pembakaran lebih baik.
c. Kelebihan dan Kekurangan Beat Esp
        Kelebihan Honda Beat Esp
·         Perfoma
            Dari segi performa, motor Honda Beat memang sangat responsif pada tarikan awal,
·         Keamanan
Untuk keamanan dari Honda BeAT Series meskipun memiliki secure key shutter, namun juga dilengkapi side stand switch dan parking break kock yang tidak dimiliki oleh motor lain.
·         Motor irit dan tangguh
Sudah bukan rahasia lagi kalau produk motor yang di hasilkan pabrikan Honda terkenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit.
·         Suspensi empuk
Kenyamanan berkendara akan lebihn terasa karena suspensi baik depan maupun belakang pada Honda Beat ini terasa empuk.

Kekurangan Honda Beat
·         Jok sempit
Dengan bodynya yang ramping memang ukuran jok ini sudah pas, namun saat di gunakan berkendara jarak jauh, dengan jok yang sempit akan cepat sekali terasa capek lebih-lebih area pinggul.
·         Karet Pelindung Mesin
Karet pelindung mesin yang berfungsi untuk melindungi mesin dari cipratan air di jalanan terlalu kecil,
d. Bluecore
Blue Core merupakan inovasi Yamaha yang memberikan sensasi menyenangkan saa dikendarai yang ramah lingkungan dengan bahan bakar EFISIEN, mesin BERTENAGA dan HANDAL. Efisien: Tingkat kehematan bahan bakarnya bahkan mencapai 50% lebih irit dibandingkan dengan motor dengan mesin karburator. Bertenaga: Meski irit bahan bakar, Blue Core tetap bagus performanya sebagai ciri khas DNA Yamaha yang bertenaga dan torsi lebih besar. Handal: mesin Yamaha terkenal dengan bandel dan tahan lama.
e. Kelebihan Yamaha Mio M3 125 Blue Core
·         Lebih responsif ketimbang versi sebelumnya.
·         Desain bodi mengesankan kecepatan dan racing look.
·         Rangka cukup stabil dan suspensi nyaman, membuat motor lincah menembus macet, meski dinaiki dua orang.
f. Kekurangan Yamaha Mio M3 125 Blue Core
·         Posisi berkendara kurang ideal untuk jarak jauh.
·         Saringan udara dipindah ke bagian depan fairing, rawan bila banjir.
·         Jok kurang nyaman untuk penumpang.
·         Tenaga mesin melemah saat beban berboncengan.

g. Harga
    Untuk harga mio dengan teknologi bluecore dengan beat dengan teknologi Esp tidak berbeda jauh, dan untuk keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan semua sekarang tergantung selera penikmat kendaraan matik.

Daftar Pustaka

Jumat, 30 Desember 2016

Metodologi Penelitian KAWASAKI NINJA Z250 dengan YAMAHA MT-25



Nama : Eko Adi Prasetyanto
Kelas : 3ic09
NPM : 23414453
Perbandingan Kawasaki Ninja Z250 dengan Yamaha MT-25
Spesifikasi Kawasaki Z250
Merupakan motor sport entry level segmen 250 cc dari Kawasaki yang hadir dengan mengusung gaya streetfighter yang sporty dan agresif. Kawasaki Z250 ini merupakan versi naked dari Ninja 250, hanya penampilannya saja yang berbeda, jika Ninja 250 mengusung konsep full fairing, Kawasaki Z250 hadir dengan model naked yang memamerkan otot dan mesin sehingga terlihat lebih kekar.



Sementara untuk dapur pacunya, New Kawasaki Z250 dibekali dengan mesin berkapasitas 248cc Full Injeksi, DOHC, 4 katup, Paralel silinder kembar, 4-stroke, air-cooled disandingkan dengan transmisi 6 percepatan. dari mesin tersebut sport bike berbobot 168 kg ini mampu memuntahkan tenaga hingga 30.6 bhp pada 11.000 rpm dengan torsi maksimum
21 Nm pada 8.500 rpm. Berikut Spesifikasinya :

Mesin
  • Tipe : 4-stroke, liquid-cooled Parallel Twin
  • Maksimum Power : 23.5 kW {32 PS} / 11,000 rpm
  • Torsi Maksimum : 21.0 N.m {2.1 kgf.m} / 10,000 rpm
  • Diameter x Langkah : 62.0 x 41.2 mm
  • Volume Silinder : 249 cm
  • Valve System : DOHC, 8 valves
  • Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection (ѳ28 mm x 2) with dual throttle valves
  • Sistem Pengapian : Digital
  • Sistem Pendinginan : Liquid-cooled
  • Perbandingan Kompresi : 11.3 : 1


Frame
  • Suspensi Depan : 37 mm telescopic fork
  • Suspensi Belakang : Bottom-Link Uni-Trak with gas-charged shock and 5-way adjustable preload
  • Rem Depan : Single 290 mm petal disc with dual-piston caliper
  • Rem Belakang : Single 220 mm petal disc with dual-piston caliper
  • Ban Depan : 110/70-17 M/C (54S)
  • Ban Belakang : 140/70-17 M/C (66S)
  • Panjang x Lebar x Tinggi : 2,010 x 750 x 1,025 mm
  • Jarak Poros Roda : 1,400 mm
  • Jarak ke Tanah : 145
  • Berat : 168 kg
  • Kapasitas Bensin : 17 litres
  • Trail : 26 / 82 mm
Drivetrain
  • Jumlah Transmisi : 6-speed, return
  • Primary Reduction Ratio : 3.087 (71/23)
  • Rasio Gigi Ke-1 : 2.600 (39/15)
  • Rasio Gigi Ke-2 : 1.789 (34/19)
  • Rasio Gigi Ke-3 : 1.409 (31/22)
  • Rasio Gigi Ke-4 : 1.160 (29/25)
  • Rasio Gigi Ke-5 : 1.000 (27/27)
  • Rasio Gigi Ke-6 : 0.893 (25/28)
  • Final Reduction Ratio : 3.286 (46/14)
  • Tipe System Final Drive : Drive chain
  • Drive Rasio Keseluruhan : 9.056
  • Kapasitas Coolant : 1.5
  • Kopling : Wet, Multi – disc

Untuk Harga Kawasaki Ninja Z250 pasaran indonesia sekitar Rp. 53,000,000,-
Bila ingin di angsur dengan dikenakan bunga 20%, maka :
Angsuran
Biaya yang harus di bayarkan
12x
Rp. 5,300,000,-
24x
Rp. 2,650,000,-
34x
Rp. 1,990,000,-

           
YAMAHA MT-25
 Yamaha MT-25 ini merupakan turunan dari Yamaha YZF-R25. Yamaha R25 sendiri sukses mendobrak dominasi Kawasaki Ninja 250 Series di segmen motor sport kelas menengah. Berbekal mesin gahar dan desain ala MotoGP, kakak Yamaha MT25 itu menjadi lawan seimbang bagi Si Hijau Kawasaki Ninja 250. Kini, setelah R25 berhasil meggoyang dominasi Ninja 250, PT YIMM selaku pemegang merk dagang Yamaha di Indonesia mencoba menghadirkan sosok Yamaha MT-25 yang merupakan versi naked dari R25. MT-25 sendiri merupakan varian menengah dari Yamaha MT Series, selain MT-09 dan juga MT-07. Dengan basis mesin yang hampir sama dengan R25, MT-25 ini memiliki performa tangguh dan tarikan mantap layaknya sang saudara tuanya itu. Yamaha membekali Yamaha MT 25 dengan mesin DOHC 8-Valves berkapasitas 249cc. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 26,5 kW pada 12.000 rpm dan juga menghasilkan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm. Meski tak sekencang R25, namun tetap saja dapur pacu Yamaha MT-25 ini merupakan salah satu yang paling gahar di kelasnya.
Dapur Pacu Gahar dengan Mesin DOHC 8-Valve 250cc
Beralih ke sektor dapur pacu pada spesifikasi Yamaha MT-25, sekali lagi kita akan dipertemukan dengan komponen-komponen mesin gahar khas Yamaha. Pada mesin MT-25 ini, Yamaha masih menggunakan basis mesin yang sama dengan R25. Yamaha MT-25 mengusung mesin DOHC 4 langkah dengan kubikasi 249 cc. Mesin berpendingin cair tersebut mampu menyemburkan daya maksimal mencapai 26,5 kW pada 12.000 rpm dan juga torsi sebesar 22,6 Nm pada putaaran mesin 10.000 rpm. Berikut Spesifikasinya :


Spesifikasi Yamaha MT-25

Mesin
Tipe
4-tak, DOHC 8-Valves, 249 cc
Sistem Pendingin
Liquid Cooled
Sistem Bahan Bakar
Fuel Injection System
Sistem Pelumasan
Wet
Sistem Starter
Electric Starter
Torsi Maksimum
22,6 Nm/10.000 rpm
Daya Maksimum
26,5 kW/12.000 rpm
Perbandingan Kompresi
11,6 : 1
Bore x Stroke
60 mm x 44,1 mm
Transmisi
Manual 6 Speed
Girboks
6 gir
Kopling
Wet Multi Plate
Bodi
P x L x T (mm)
2.090 x 720 x 1.135 (mm)
Tinggi Jok
780 mm (30.7 inci)
Berat Isi
165 kg
Kapasitas Tangki
15 L
Kaki-kaki
Suspensi Depan
Telescopic Fork (41 mm)
Suspensi Belakang
Monocross
Rem Depan
Semi floating disc
Rem Belakang
Single disc brake
Ban Depan
110/70 – 17″54h
Ban Belakang
140/70 – 17M/C (66s)
Kelistrikan
Baterai
Maintenance Free (7.4 Ah GTZ8V)
Fitur
Tipe Tachometer
Analogue
Speedometer
Digital
Lampu Utama
Halogen Bulb Type (12V DC)
Untuk harga YAMAHA MT-25 ini di bandrol di pasaran Indonesia dengan harga Rp. 46,000,000,- . Bila ingin di angsur di kenakan bunga 20%
Angsuran
Biaya yang harus di bayarkan
12x
Rp. 4,660,000,-
24x
Rp. 2,330,000,-
Kesimpulan:
Jika dilihat dari spesifikasi antara Kawasaki Ninja Z250 terutama yang ABS dengan YAMAHA MT-25 memang sulit jika disuruh memilih karna keduanya mempunyai kelebihan masing masing bagi mata pecinta naked, tapi jika disuruh memilih pilihan saya jatuh pada Kawasaki Ninja Z250 karna memang dari body sangat kekar dan dapat memuntahkan 30,6 tenaga kuda, jadi tidak usah di ragukan lagu pacuannya bagaimana.